Berlomba Meraih Pahala dengan Amal Shaleh

          



        Agama Islam menjanjikan pahala berlimpah untuk setiap kebaikan yang dilakukan secara ikhlas. Tapi dari berbagai kebaikan, ada beberapa amalan yang diganjar dengan pahala paling besar.


Apa sajakah amalan tersebut? Ayo baca penjelasan di bawah ini!

1. Berdzikir sepanjang waktu

Hadis riwayat Bukhari dan Muslim menerangkan pentingnya selalu berzikir. Pahala berzikir sebanyak seratus kali sehari setara dengan amalan memerdekakan sepuluh budak. Orang yang mengerjakan amalan itu mendapatkan seratus kebaikan serta dihapus seratus dosanya.

2. Bersedekah

Bersedekah termasuk amalan yang dijanjikan pahala besar, dengan catatan dilaksanakan dengan tujuan tulus untuk membantu.

3. Menunaikan puasa Ramadhan dan puasa Syawal

Puasa Ramadan merupakan ibadah istimewa, yang juga menjadi salah satu Rukun Islam. Amalan tersebut bakal diganjar pahala besar, terlebih jika dilanjutkan dengan puasa enam hari di bulan Syawal.

4. Shalat tepat waktu

Salat tepat waktu sangat diutamakan. Seperti driwayatkan dalam sebuah hadis yang disahihkan oleh Al-Bani dalam Misykaatul Mashaabih (1251). Diterangkan bahwa Allah SWT takjub melihat seorang lelaki bangun dari pembaringan dan kasur, kemudian meninggalkan keluarga dan kekasihnya untuk salat.

5. Mengajarkan ilmu dan memberikan amal jariyah

Membagikan ilmu adalah salah satu amal jariyah yang punya pahala besar. Pahalanya seperti amalan memiliki anak saleh, Al-Qur'an yang diwariskan, masjid dan rumah yang dibangun, dan sedekah yang diinfakkan.

6. Shalat di Masjidil Haram

Banyak orang yang berharap bisa berbadah ke tanah suci, Mekkah. Salah satu alasannya adalah salat di Masjidil Haram amalannya lebih baik dari seratus ribu salat di masjid lain.

7. Menjenguk orang sakit

Hal sederhana seperti menjenguk orang sakit, ternyata juga termasuk sebagai amalan kebaikan dengan pahala yang berlimpah.

8. Bersabar

Bersabar juga dikatakan sebagai amalan kebaikan dengan pahala yang paling besar. Ini bisa terjadi karena terkadang bersabar sangat sulit dilakukan. Pada hadis riwayat Tirmidzi, dikatakan bahwa orang yang bersabar akan diberikan sejuta kebaikan dan dihapuskan sejuta keburukannya oleh Allah SWT.

9. Mendoakan orang lain.

ernah mendengar pernyataan bahwa doa baik yang dipanjatkan akan kembali lagi kepada orang yang mendoakannya? Nah, hal tersebut ternyata benar adanya sebagaimana diterangkan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Ath-Thabrani:

“Barang siapa yang mendoakan mukmin laki-laki ataupun perempuan, niscaya Allah akan memberi pahala kebaikan dari setiap mukmin laki-laki dan perempuan yang didoakannya.” (HR Ath-Thabrani dan dianggap hasan oleh Al-Bani).


Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat. Ayo kita berlomba meraih pahala dengan amal shaleh!^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memandikan Kucing dengan Daun Sirih